Beranda > Motivasi > PIKIRKAN SEJENAK !

PIKIRKAN SEJENAK !

travel bagSaya kira kita pernah bepergian atau melakukan suatu perjalanan yang cukup jauh dan lama (bukan untuk pindah tempat tinggal). Apa yang Anda persiapkan untuk bepergian ? Apakah Anda membawa semua barang ? Saya rasa Anda hanya akan membawa barang yang Anda butuhkan dan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dari dalam tas. Untuk apa membawa barang yang sebenarnya tidak kita perlukan selama bepergian ? Hal itu hanya akan membuat bawaan kita semakin berat.

Kenyataan kehidupan yang sungguh tidak bisa dihindari adalah bahwa seringkali kita mendengar informasi yang buruk/negatif. Informasi yang buruk dapat mempengaruhi kita sehingga kita tidak lagi dapat mengendalikan pikiran dan sikap. Namun, kita tidak harus mencerna dan memasukkannya dalam ingatan kita. Peristiwa hidup yang menggugah, kesenangan, keberhasilan dalam pendidikan, kelulusan, persahabatan, kemenangan dapat kita catat dalam otak. Namun, peristiwa seperti kehilangan orang tercinta, kegagalan dalam pendidikan, tidak lulus, kekalahan, yang dapat menimbulkan perasaan sedih, menyesal, dan marah tidak harus kita catat dalam ingatan kita. Hal itu dapat menimbulkan penurunan mental, fisik, dan spiritual.

Seorang ibu atau orang tua kebanyakan akan menjadi jengkel jika anak-anak membiarkan mainannya berserakan, tidak disimpan kembali ke tempatnya, meskipun sudah berkali-kali diingatkan. Mereka bisa marah karena harus membereskan mainan-mainan, sementara mereka mempunyai pekerjaan yang harus diselesaikan. Apalagi akibat mainan yang berserakan itu mungkin orang/kendaraan menjadi kesulitan untuk masuk ke rumah. Namun, pernahkah terpikir untuk menikmati hal tersebut tanpa merasakannya sebagai sesuatu yang buruk ? Mungkin lebih baik mereka menikmatinya karena pada suatu saat, anak-anak akan pergi, entah sekolah, kuliah, bekerja, atau bahkan menikah sehingga harus tinggal di tempat lain. Pada saat itu mungkin orang tua akan merindukan anak-anak dan merasa harus membereskan kembali mainan yang berserakan, tapi tidak bisa.

Karena sebuah ejekan seorang teman, atau kata-kata yang menyakiti hati, seringkali hati kita menjadi dongkol dan marah. Makian pun keluar dari mulut kita. Bahkan, ada juga yang main tangan. Kita menjadi benci. Seberapa besar energi yang diboroskan untuk marah ?Percayakah Anda bahwa tindakan itu akan membuat segala sesuatu yang tadinya sudah direncanakan tidak akan berjalan seperti yang diinginkan, misalnya dalam menyampaikan presentasi.

Sebaiknya kita berhati-hati terhadap informasi atau sikap negatif yang masuk ke dalam otak. Seringkali sikap negatif dapat mengubah orang yang bersikap positif menjadi bersikap negatif.

Saat saya bepergian naik travel dari Jakarta-Yogya, ada seorang penumpang yang persis duduk di belakang saya. Penumpang itu adalah seorang ibu yang hendak mengikuti suatu meeting di suatu gedung pertemuan. Travel mengalami penundaan keberangkatan akibat menjemput penumpang yang agak jauh, maka kendaraan baru sampai di Yogya agak siang. Kendaraan mengantarkan penumpang yang paling dekat terlebih dahulu kemudian baru masuk daerah kota Yogya. Ibu yang sudah merasa terlambat meeting tersebut terus-menerus meminta kepada sopir untuk segera mengantarkannya ke tempat tujuan. ”Ini saya sudah terlambat ! Cepat dong”, katanya. ”Ya, bu”. Mobil terus melaju, namun ibu itu tak henti-hentinya mengomel. ”Saya sudah sekian tahun naik travel, tapi belum pernah menemui travel yang seperti ini. Bagaimana mau jadi langganan !” Saya kira sopir juga sudah mulai panas hatinya. ”Saya ini sudah 15 tahun jadi sopir dan belum pernah menemui penumpang seperti Ibu !”, jawab sopir.

Betapa mudah sikap positif dipengaruhi oleh sikap negatif.

Kategori:Motivasi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: