Beranda > Motivasi > MENGAPA SIKAP POSITIF ?

MENGAPA SIKAP POSITIF ?

positiveMasing-masing dari kita mempunyai kekuatan untuk memilih sikap positif daripada sikap negatif. Baik secara sadar maupun tidak, kita menentukan pilihan dalam seluruh hidup kita. Kita memutuskan kapan kita akan bangun pagi, apa yang akan kita makan, apa yang akan kita pakai, ke mana kita akan pergi, dsb. Memilih sikap secara bijaksana sangatlah penting karena menentukan bagaimana kita menanggapi/merespon berbagai hal yang akan kita hadapi. Kita dapat memilih sikap positif atau negatif. Kadangkala, tidak membuat pilihan adalah suatu keputusan yang buruk.

Seorang psikolog mengatakan bahwa seorang individu dengan sikap yang positif lebih sukses daripada orang berbakat namun mempunyai sikap pesimis atau negatif. Umumnya orang yang mempunyai sikap positif menikmati kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Saat pikiran yang positif mempunyai kendali atas pikiran kita, maka tubuh kita juga akan memberikan respon demikian.
Pernahkah kita memperhatikan raut muka orang yang sedang malu atau sedih ? Muka akan terlihat merah saat kita merasa malu. Padahal kita tidak pernah mengendalikan darah kita agar bergerak lebih banyak ke daerah muka dan mengakibatkan muka terlihat merah. Saat sedih, kita juga tidak memberikan perintah agar air mata menetes, namun itulah yang terjadi. Semua itu adalah contoh pengaruh pikiran terhadap tubuh.

Sudahkan kita tersenyum hari ini ? Tindakan yang sangat sederhana ini dapat mengakibatkan otak memerintahkan pelepasan senyawa kimia yang membuat tubuh kita nyaman. Bahkan tindakan ini dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Tertawa dapat menimbulkan efek seperti endorfin, yaitu penawar rasa sakit alamiah dalam tubuh. Tertawa dapat menaikkan tingkat daya tahan sel T terhadap infeksi, daya tahan protein gamma interferon terhadap penyakit, serta sel B yang berperan dalam menghasilkan antibodi.

Sikap positif membantu kita mendapatkan dan memelihara kepercayaan diri kita. Pernahkan Anda merasa sangat kecil dan tidak berarti dalam hidup, dalam pergaulan dengan teman-teman, atau siapapun itu. Merasa diri terlalu kecill, tidak pandai, tidak berpengalaman, merasa tidak lebih baik daripada siapapun. Padahal keadaan sebenarnya mungkin lebih baik daripada perasaan itu. Pemikiran-pemikiran seperti itu dapat muncul dari orang-orang di sekitar kita yang mungkin tidak menginginkan kita untuk berkembang, namun seringkali pemikiran tersebut malah berasal dari diri kita sendri. Dialog dalam batin kita bisa muncul sbb : aku aneh, terlalu rendah/tinggi, gagap, pemalu, tidak ada sesuatu yang istimewa dalam diri saya, saya tidak pantas, dsb. Dialog tersebut menyebabkan kita merasa minder.

Memang kita tidak bisa bagus dalam segala hal. Namun bukan berarti kita tidak dapat bersikap positif. Sikap positif dapat muncul dalam bentuk dorongan seperti,”Kamu sudah mencoba, dan aku bangga padamu, meskipun hasilnya belum sebaik yang lain. Tetapi aku yakin jika kita berusaha keras, suatu hari nanti kamu dapat mewujudkannya. Kamu dapat menjadi korban atau pemenan dengan mengambil sikap untuk bertindak. Kamu bisa mengatasinya”.

Tidak peduli apakah kita adalah anak kecil, remaja, suami/istri, kakek/nenek; kita dapat menemukan kekuatan untuk memilih jalan yang lebih baik. Kita dapat memilih dialog batin yang membangkitkan semangat dan memotivasi diri, atau kita dapat memilih dialog batin yang mempecundangi dan mengasihani diri sendiri. Masing-masing dari kita mengalami masa-masa sulit, sakit baik secara fisik maupun emosional, kesedihan, dan hal-hal lain yang terjadi di luar kendali kita. Marilah menyadari bahwa persoalannya bukanlah apa yang terjadi pada diri kita, melainkan bagaimana pilihan kita menanggapinya.

Kategori:Motivasi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: