Beranda > Tips komputer > Mengganti Tulisan Start pada Tombol Start

Mengganti Tulisan Start pada Tombol Start

Pada sistem operasi Windows –yang tentu saja belum diutak-atik- terdapat tulisan “Start” pada tombol Start yang berada di pojok kiri bawah layar monitor. Ini merupakan bentuk bawaan setiap kali anda menginstal Windows. Dan juga tidak berbeda antara komputer anda dengan komputer yang lain. Semuanya sama. Bertuliskan “Start” pada tombol Start-nya.
lorentz777
Anda bisa tampil beda dengan komputer yang lain. Bukan hanya menggantinya dengan lima juruf, tetapi menjadi 11 huruf, 6 huruf lebih banyak dari semula yang hanya 5 huruf. Anda dapat juga menggantinya menjadi tulisan yang lain sesuai dengan selera anda sendiri.

Untuk mengganti tulisan Start pada tombol Start Windows, kita bisa menggunakan program Resource Hacker. Program ini bersifat freeware dan tidak perlu instalasi untuk dapat menggunakannya. Untuk mendapatkannya Anda bisa klik di sini.

Sebelumnya, sebagai langkah pengamanan, anda perlu mem-backup file explorer.exe. Tindakan ini perlu sebagai antisipasi jika file explorer.exe yang anda utak-atik mengalami kegagalan . Sehingga anda hanya perlu me-restore dari file cadangan. Lebih mudah ketimbang anda harus menginstal ulang Windows.

1. Jalankan Windows Explorer. Dari Start menu, tekan tombol Start | Program | Windows Explorer.
2. Bukalah folder C:\, kemudian Windows, lalu cari file explorer.exe pada folder Windows tersebut.
3. Klik kanan pada file explorer.exe, sehingga tampil menu pop-up. Kemudian simpan pada drive lain, atau pada flashdisk maka file explorer.exe akan ter-copy file cadangan.

Inilah langkah langkah yang perlu anda lakukan untuk mengganti tulisan “Start” pada tombol Start menjadi “Mulai”. Simak tahapan demi tahapan dengan baik:

1. Jalankan perangkat Resource Hacker yang anda peroleh dan ekstrak seperti pada bahasan sebelumnya.
2. Jendela Resource Hacker akan memenuhi layar monitor anda. Selanjutnya klik menu File | Open untuk membuka sebuah file yang akan kita utak-atik.
3. Kotak dialog open file containing resource akan tampil ke hadapan anda. Gantilah direktorinya pada kotak Look in menjadi Windows. Kemudian carilah file explorer.exe. Berikut ini tampilan yang mungkin membantu anda.
4. Sorot file explorer.exe tersebut dan tekan tombol open.
5. Lanjutkan dengan menyorot kata “String Table” pada bidang kerja di sebelah kiri. Klik ganda pada kata tersebut sehingga muncul subtree di bawahnya. Klik ganda lagi pada angka “37” dan akan muncul subtree “1033” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
reshack

Selanjutnya kita akan mengadakan modifikasi pada file tersebut. Lanjutkan tahapan di atas dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Di sebelah kanan bidang kerja Resource Hacker , akan terdapat tulisan-tulisan di antaranya adalah “Start” yang diikuti dengan tulisan “There was an internal error …” di bagian bawahnya.

2. Klik pada kata”Start” tersebut hingga kursor yang berkedip-kedip berada pada kata tersebut.

3. Gantilah kata “Start” di atas dengan kata yang anda kehendaki, misalnya “Mulai”. Lanjutkan dengan menekan tombol Compile Script.
4. Langkah terakhir, anda perlu menyimpan file tersebut. Anda tidak bisa menyimpannya dengan menggunakan File | Save, akan tampil kotak informasi seperti di bawah ini. Hal ini terjadi karena file tersebut adalah file yang sedang dijalankan oleh Windows setiap kali anda menjalankan Windows.

5. Untuk menyimpannya gunakan menu File | Save As. Setelah muncul kotak dialog Save File As, pastikan pada kotak Save in adalah folder Windows sebagaimana tempat file explorer.exe berada. Kemudian pada kotak File name, Beri nama dengan “explorer.mod”. Ekstensi .mod maksudnya untuk memberi tanda buat anda bahwa ini adalah file explorer yang telah dimodifikasi. Akhirnya tekan tombol Save di sebelah kanan.

Jangan senang dulu, karena tugas anda belum selesai. Sekarang anda perlu mengganti file asli explorer.exe dengan file explorer yang teleh anda modifikasi di atas.

Inilah langkah-langkah yang harus anda jalankan untuk mengganti file explorer.exe dengan file explorer.mod hasil modifikasi:

1. Anda perlu berganti di modus DOS murni. Sebagaimana telah dijelaskan diatas, file explorer exe merupakan file yang sedang digunakan oleh Windows akibatnya anda tidak dapat mengganti nama (rename) atau menghapus file explorer.exe tersebut dalam modus Windows. Inilah triknya, anda melakukannya dalam modus DOS murni bukan dalam DOS Prompt. Caranya klik tombol Start | Shut Down.
2 Setelah tampil kotak dialog Shut Down Windows pilih opsi Restart in MS-DOS mode kemudian tekan tombol ok.
3. Selanjutnya anda akan berganti dengan modus MS-DOS dengan direktori aktif adalah C:\WINDOWS.
4. Ketikkan perintah berikut pada prompt tersebut

C:\WINDOWS>ren explorer.exe explorer.asl

5. Kemudian tekan Enter. Maksud perintah tersebut untuk mengganti nama file explorer.exe menjadi explorer.asl. Hal ini juga dapat berfungsi sebagai file backup buat anda untuk berjaga-jaga jika terjadi corrupt atau kegagalan.
6. Terakhir kita akan mengganti nama file explorer yang telah dimodifikasi menjadi file explorer yang akan digunakan oleh sistem operasi windows. Ketikkan perintah berikut ini masih pada modus MS-DOS juga

C:\WINDOWS>ren explorer.mod explorer.exe

7. Lanjutkan dengan menekan Enter. Kemudian ketikkan perintah “exit” atau “win” untuk masuk kembali ke modus Windows.

Setelah masuk ke modus Windows, anda akan berdecak kagum melihat hasil pekerjaan anda sendiri. Coba anda lihat pada tombol Start di pojok kiri bawah. Tulisannya telah berganti tidak lagi “Start” tetapi “Mulai”. Sangat menarik bukan? Bolehlah anda memamerkannya.

Untuk Windows 2000 dan Windows XP : Saat Anda memilih untuk shut down, Anda tidak akan menemukan pilihan untuk restart dalam modus DOS. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah Restart komputer Anda, dan pada saat booting tekan tombol F8. Anda akan diminta untuk memilih beberapa metode start, pilih saja Safe Mode with Command Prompt. Selanjutnya jalankan seperti petunjuk di atas. Untuk keluar dari Safe mode ini, tekan tombol Alt + Ctrl + Del, dan pilih restart

Semoga berhasil.

Kategori:Tips komputer
  1. caem
    Maret 19, 2010 pukul 4:07 am

    biar udah dijelasin panjang x lebar sama dengan luas…yang namanya kompi en program daku tidak paham…(lemot tingkat tinggi niy)…bantuin plo setting aja dah, gimana?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: