Beranda > Renungan > Laki-laki dan keledai

Laki-laki dan keledai

keledaiSuatu ketika seorang laki-laki beserta anaknya membawa seekor keledai untuk bepergian ke negeri yang jauh. Berbagai macam beban diletakkan di atas punggung keledai itu. Sang anak duduk di atas keledai, sementara sang ayah berjalan sambil menuntun keledai itu.
Di tengah jalan, beberapa orang melihat mereka dan ada yang mulai mengomentari mereka tanpa diminta. “Hai kamu anak muda. Kenapa kamu membiarkan ayahmu susah payah berjalan di samping keledai, sementara dirimu yang yang masih muda dan kuat hanya duduk saja di atas keledai”. Maka turunlah anak itu, kemudian ayahnya bergantian untuk naik ke atas keledai tersebut.

Selang beberapa lama mereka melanjutkan perjalanan, mereka berpapasan dengan ibu-ibu yang baru pulang dari pasar. “Sungguh sudah kacau dunia ini. Lihatlah bapak itu, Ia tenang-tenang di atas keledai, sedangkan anaknya dibiarkan berjalan.Mengapa kalian tidak menaiki keledai itu bersama-sama ?”
Maka, mereka pun menuruti nasihat ibu itu. Tak lama kemudian, ada sekelompok pedagang. “Binatang yang malang. Ia menanggung beban dua orang dan beban bawaan yang tidak sedikit. Sungguh kejam.”

Sampai disini, anak dan ayah itu sudah mulai muak. Bahkan mereka memutuskan untuk memanggul keledai itu. Melihat kejadian itu, orang-orang tertawa terpingkal-pingkal, “Lihat, ada manusia memanggul keledai!” sorak banyak orang.
Akhirnya mereka menyuruh keledai itu pulang, dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Kita tidak dapat menyenangkan semua orang yang kita jumpai, karena setiap orang mempunyai cara pandang yang berlainan terhadap sesuatu. Jika anda berusaha menyenangkan semua orang, bisa jadi anda tak akan dapat menyenangkan siapa pun.

Kategori:Renungan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: