Beranda > Uncategorized > ALUR PELAYANAN & BARANG

ALUR PELAYANAN & BARANG

PROSEDUR PELAYANAN DAN ALUR BARANG

alur pelayanan

alur barang

rs-new1-1

PANDUAN PENGGUNAAN PROGRAM SISTEM INFORMASI BALKESMAS (SIB)

TUGAS LINGKUNGAN JAGA :

  1. Mendata dan menginput data pasien yang belum terdaftar di sistem.
  • Untuk cek apakah pasien sudah terdaftar atau belum, klik menu RUMAH SAKIT -> LAPORAN -> DAFTAR PASIEN.
  • Jika belum terdaftar, maka pilih menu RUMAH SAKIT -> FRONT OFFICE -> PASIEN

pasien

  • Isikan data pasien. (Pasien diharapkan membawa KTP untuk memudahkan pengisian data.)
  • No. telepon mohon dicantumkan (jika ada)
  • Data yang belum ada, bisa dikosongkan dulu, namun di setiap kedatangan pasien, diharapkan petugas juga cek data pasien di sistem sambil menanyakan informasi untuk memperbarui data pasien.
  • Jika data pasien sudah diinput, kartu pasien sudah bisa dicetak (menu RUMAH SAKIT -> LAPORAN -> KARTU PASIEN). Kartu dicetak 2 buah, 1 untuk diberikan kepada pasien, 1 untuk di strapples dengan lembar rekam medis.

2. Menginput pendaftaran pasien yang akan periksa di hari tersebut

  • Kartu pasien dikumpulkan dulu untuk proses pendaftaran. Kartu akan dikembalikan setelah periksa dokter selesai.
  • Pilih menu RUMAH SAKIT -> FRONT OFFICE -> PENDAFTARAN.

daftar pemeriksaan

  • Klik filter untuk menampilkan siapa saja pasien yang sudah didaftar antri.
  • Untuk mendaftarkan periksa, klik tambah, lalu pilih nama pasien dengan klik symbol kaca pembesar.
  • Klik Simpan jika sudah sesuai atau klik Tutup untuk kembali.

3. Melakukan pemeriksaan pasien secara umum (tinggi, berat, tensi) dan menulis di lembar medis yang sudah diambil dari rak. Mohon jika ada pemeriksaan lain (misal pemeriksaan kolesterol/glukosa/asam urat, baik oleh petugas lingkungan atau dokter, agar ditulis di lembar rekam medis supaya bisa direkap).

4. Mengarahkan pasien untuk periksa ke dokter sambil menyerahkan lembar medis + kertas RESEP kosong yang sudah diberi nama sesuai nama pada kartu. Dokter menuliskan jenis (golongan) penyakit pada lembar rekam medis sesuai daftar penyakit yang disediakan. Setelah pasien selesai periksa, petugas menerima kembali lembar medis dari pasien dan mengembalikan kartu pasien. Kertas RESEP diberikan dokter ke pasien untuk diserahkan di ruang apotek.

5. Lakukan input rekam medis di sistem dengan cara :

  • Klik menu RUMAH SAKIT -> RAWAT JALAN.

rekam medis rawat jalan

  • Klik filter untuk menampilkan siapa saja pasien yang sudah dicatat rekam medisnya di hari tersebut.
  • Klik tambah, lalu klik simbol kaca pembesar pada baris No daftar, maka akan muncul daftar nama pasien. Pilih nama pasien yang akan diinput rekam medisnya.
  • Nama dokter, perawat dikosongkan saja.
  • Isikan Suhu badan, Tekanan darah, Berat dan Tinggi Badan (jika ada yang tidak ada, bisa dikosongkan).
  • Untuk hasil pemeriksaan glukosa darah, kolesterol, asam urat bisa ditulis di tab Pemeriksaan.
  • Isikan di tab diagnose, klik tanda + untuk menambah atau – untuk menghapus jenis penyakit
  • Isikan di tab Obat/barang, klik Kode obat, lalu pilih huruf O, maka akan muncul daftar obat.
  • Pilih OBAT sesuai yang dituliskan dokter di resep atau lembar rekam medis. Kuantitas diisi : 0 (nol). Tekan tombol ENTER di keyboard hingga kursor pindah ke kolom Dosis. Tekan ENTER LAGI untuk menuju baris selanjutnya.
  • Khusus untuk GLUCOSE STRIP TEST/ CHOLESTEROL STRIP TEST/ URIC ACID STRIP TEST, mohon jumlah pemakaian ditulis di kolom kuantitas.

 

rekam medis - obat

  • AKHIRI dengan menekan tombol ENTER di keyboard.
  • Tekan tombol SIMPAN.
  • Anda dapat juga mengedit data rekam medis dengan memilih pasien

6. Lakukan rekap biaya pasien dengan cara :

  • Klik menu RUMAH SAKIT -> KASIR.
  • Tekan tombol Filter untuk menampilkan nama pasien hari tersebut yang biayanya sudah diinput/dibayar.
  • Tekan Tambah, lalu pilih pasien (pastikan nama yang dipilih, sama dengan pasien yang baru saja diinput rekam medisnya)
  • Akan muncul biaya yang harus dibayar pasien, Isikan nominal pembayaraan sesuai jumlah tagihan di kolom TUNAI. Lalu Simpan. – -> proses SELESAI

 

TUGAS PENGELOLA GUDANG

MENU GUDANG

  1. Untuk menambahkan daftar jenis obat, klik GUDANG – > BARANG/OBAT
  • pilih tambah, dan isikan data yang diminta.
  • Penulisan KODE dan NAMA sebagai berikut :

 

obat brand tunggal [BRAND] [DOSAGE FORM] [STRENGTH] (generic name)
Contoh : HISTIGO TABLET 6 MG (Betahistine mesilate)
Generic name dituliskan untuk memudahkan pencarian obat di sistem.
Perhatikan penulisan huruf kapital dan huruf kecil.
obat brand kombinasi [BRAND] [DOSAGE FORM]
Contoh : DEXTRAL TABLET
obat generik [GENERIC NAME] [DOSAGE FORM] [STRENGTH]
Contoh : SALBUTAMOL TABLET 2 MG

KODE dituliskan dari 3 huruf pertama diikuti 2 digit dimulai dari 00, yang menyatakan urutan kode tersebut. Misal : METRONIDAZOLE TABLET 500 MG -> MET01

METFORMIN TABLET 500 MG – > MET02

Dst..

  • Harga stok awal diisi (harga per unit terkecil).
  • Harga jual & harga jual resep diisi Nol, lalu beri tanda centang pada [% Dari Harga Beli Terbaru]

input daftar obat

  • Pastikan satuan unit terkecil dan sub kategori sudah betul.
  • Klik simpan lalu tutup.
  • Tombol import hanya dipakai untuk mengimpor daftar obat yang sudah dibuat dalam xls sesuai urutan kolom
  • Daftar obat dapat diekspor dengan memberi tanda cek pada pilihan excel, lalu klik cetak.

2

  • Untuk mencatat obat apa saja yang akan diorder, klik GUDANG -> PERMINTAAN BARANG (opsional, karena menu pembelian juga bisa dicatat, meski tidak ada permintaan barang)
    • Untuk mencatat barang yang akan diorder, klik Tambah, lalu pilih obat dengan klik tanda kaca pembesar pada kolom kode. Isikan jumlah yang diorder, lalu tekan ENTER pada keyboard.Lanjutkan dengan barang lainnya, lalu klik Simpan.
  • Untuk menginput barang datang, klik GUDANG -> TERIMA BARANG
    • Pilih Tambah, isi Departemen Apotek, gudang Apotek
    • Kolom keterangan dapat diisi nama penginput

terima barang

    • Pilih No. Pembelian yang sesuai dengan daftar obat yang akan diinput, maka akan muncul daftar obat di menu Terima Barang. Tuliskan tanggal ED obat, no batch, dan kuantitas/jumlah (dalam satuan terkecil)
    • Jika ada obat/barang lain yang akan diterima (selain obat yang dibeli), maka tambahkan data obat di baris berikutnya, dengan terlebih dahulu lalu klik symbol kaca pembesar di kolom Kode Barang. Pilih nama obat, tuliskan tanggal ED, no batch, dan jumlah (dalam satuan terkecilnya), tekan ENTER di keyboard untuk menuju baris berikutnya.
  • Lakukan untuk obat lainnya. Klik simpan.
  • GUDANG -> STOK OPNAME : digunakan untuk menginput stok actual saat stok opname.
  • GUDANG -> REVISI STOK : digunakan hanya untuk MENAMBAHKAN jumlah stok, bukan untuk mengurangi.
  • GUDANG -> PAKAI BARANG : digunakan untuk mencatat penggunaan obat/barang di luar kegiatan balkes, misalnya untuk baksos.
    • Pada kolom keterangan, tuliskan keperluan pemakaian.
    • Pilih nama obat, isikan jumlahnya, dan untuk Acc Pakai, pilih 863-13 Biaya Kehilangan Barang Toko. Tekan ENTER di keyboard. Klik simpan, lalu klik Tutup.

pakai barang

 

TUGAS PEMBELIAN

MENU PEMBELIAN

  • PEMBELIAN -> SUPPLIER : digunakan untuk input nama supplier (untuk sementara, nama supplier diinput 1 dulu = Supllier Umum)
  • PEMBELIAN -> PEMBELIAN: digunakan untuk melakukan pembelian obat baik berdasarkan permintaan gudang maupun bukan
    • Klik tambah, pilih nama supplier, dan no.permintaan (opsional). Jika diperlukan, kolom keterangan dapat diisi. (1 halaman pembelian, hanya untuk 1 supplier saja. Jika nantinya ada beberapa supplier, bisa diinput lagi dengan klik tambah)
    • Beri centang pada kolom Tunai.
    • Jika pembelian ini dilakukan berdasar permintaan obat, maka pilih no.Permintaan yang sesuai, maka akan ditampilkan daftar nama obat yang dibeli. Tuliskan jumlah yang dibeli, dan harga per satuan terkecil. Tekan ENTER.

pembelian

  • Jika pembelian ini dilakukan berdasar permintaan obat, maka pilih no.Permintaan yang sesuai, maka akan ditampilkan daftar nama obat yang dibeli. Tuliskan jumlah yang dibeli, dan harga per satuan terkecilnya. Tekan ENTER.
    • Untuk pembelian yang dilakukan tidak berdasar permintaan obat, maka di kolom Kode barang, pilih nama obat, tuliskan jumlah yang dibeli, dan harga per satuan terkecilnya. Tekan ENTER.
    • Klik Simpan, lalu klik Tutup.

 

TUGAS PENGELOLA APOTEK

MENU APOTEK

  • APOTEK -> RESEP : digunakan untuk input resep (untuk menyederhanakan penggunaan, fitur ini saat ini belum digunakan)
  • APOTEK -> PENJUALAN : digunakan untuk mencatat obat yang dilayani.
    • Klik filter untuk menampilkan resep pasien yang sudah diinput.
    • Untuk menginput penjualan, klik tambah.
    • penjualan apotek
      • Klik Kode barang, lalu pilih obat yang dilayani dan jumlahnya. Tekan ENTER di keyboard hingga kursor menuju baris berikutnya.
      • Lakukan input obat lainnya.
      • Pilih nama pasien.
      • Pada kolom Tunai, isikan nominal uang SAMA DENGAN angka yang ditunjukkan pada kolom Total. Tekan ENTER pada keyboard.
      • Klik Simpan, lalu Tutup.
      • Lanjutkan input penjualan pasien berikutnya.
Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: